MARSELA, SELVIA (2024) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA BINA UTAMA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI(2).pdf - Published Version
Download (333kB)
BAB I(16).pdf - Published Version
Download (307kB)
BAB II(20).pdf - Published Version
Download (488kB)
BAB III(19).pdf - Published Version
Download (578kB)
BAB IV(17).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (447kB)
BAB V(24).pdf - Published Version
Download (88kB)
DAFTAR PUSTAKA(20).pdf - Published Version
Download (447kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul tentang Upaya Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tornament (TGT) Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Utama Pontianak, Masalah umum yang dibahas di dalam skripsi ini ialah. " Bagaimana Upaya Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tornament (TGT) Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Utama Pontianak? Tujuan umum dalam penelitian ini adalah, Memperoleh kejelasan tentang Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tornament (TGT) Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Utama Pontianak.
Variabel yang menjadi fokus penelitian ini adalah variabel tindakan dan variabel masalah. Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tornament (TGT). Dan untuk variabel masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dan untuk bentuk penelitian tindakan kelas yang peneliti gunakan adalah bentuk penelitian PTK Kolaboratit. Untuk subjek penelitian yang diberikan tindakan adalah 27 orang siswa-siswi kelas XI SMA Bina Utama Pontianak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tornament (TGT) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Bina Utama Pontianak telah dilakukannya melalui II siklus penelitian pada siswa kelas XI SMA Bina Utama Pontianak, Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus I memperoleh rata-rata 66,41% dengan kategori "Cukup", hal ini dapat diinterpretasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 masih kurang optimal seperti kurangnya pemahaman
terhadap penggunaan metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tornament (TGT) yang dapat dilihat dari hasil diskusi dimana siswa cenderung tidak ingin mempresentasikan hasil diskusinya bersama kelompok. Akan tetapi pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan di siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 75,31% dengan kategori "Baik". Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 66,41% dengan kategori "Cukup Baik" kemudian pada siklus Il menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat Belajar sebesar 75,31% dengan kategori "Baik". Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran setelah menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tornament (TGT) di kelas mengalami peninggkatan minat Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 08:01 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 08:01 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2286 |