Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN BUKU SAKU BAHASA INDONESIA BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI HIKAYAT KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG HILIR KABUPATEN KAYONG UTARA

FITRIYANI, FITRIYANI (2024) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BAHASA INDONESIA BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI HIKAYAT KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG HILIR KABUPATEN KAYONG UTARA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK (1).pdf] Text
ABSTRAK (1).pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of BAB 1 (3).pdf] Text
BAB 1 (3).pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of BAB 2 (2).pdf] Text
BAB 2 (2).pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of BAB 3 (1).pdf] Text
BAB 3 (1).pdf - Published Version

Download (236kB)
[thumbnail of BAB 4 (1).pdf] Text
BAB 4 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5 (1).pdf] Text
BAB 5 (1).pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku berbasis mind mapping pada materi hikayat kelas X SMA Negeri 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, desigen, development, implementation, evalution). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara yang berjumlah 27 orang. Instrument yang digunakan berupa lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, ahli bahasa, angket, dan posttest. Angket digunakan untuk validasi ahli, respon guru dan peserta didik, sedangkan posttest digunakan untuk penilaian kemampuan pemahaman peserta didik dalam memahami sebuah materi khususnya materi hikayat. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk dengan tingkat kevalidan media mencapai sebesar 81% kategori sangat valid, kevalidan materi mencapai 88% kategori sangat valid, kevalidan bahasa 89% kategori sangat valid, dari nilai tersebut dapat diperoleh total persentase keseluruhan dari Sembilan validator yaitu
84% dengan kategori sangat valid sedangkan nilai kepraktisan dari buku saku Bahasa Indonesia berbasis mind mapping dihitung dari angket respon peserta didik sebesar 87% dan angket respon guru mendapatkan 94% dari nilai tersebut
dapat diperoleh total persentase keseluruhan sebesar 90,5% dangan kategori sangat praktis dan hasil pengerjaan posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman peserta didik pada materi hikayat sebesar 77% dengan kategori efektif.

Kata Kunci: Buku Saku, Mind Mapping, Hikayat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:01
Last Modified: 27 Feb 2024 08:01
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item
View Item