S, Okta Priana (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA SANTUN UNTAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (674kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (815kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (6kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis jelajah alam sekitar terhadap keterampilan proses sains yang valid, praktis dan efektif. Metodde yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIDE (analyze, desing, development,
implementation, evaluation). Teknik yang digunakan adalah tenik komunikasi langsung, tidak langsung, tenik pengukuran. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes. Subjek penelitian keelas X SMA Santun Untan. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan berdasarkan lembar
validasi dan lembar angket, sedangkan ke efektifan berdasarkan nilai pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kevalidan memperoleh persentase
sebesar 84,5% dengan kriteria sangat valid. 2) Kepraktisan memperoleh persentase sebesar 78,5% dengan kriteria kuat. 3) keefektifan memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,44 dengan kriteria sedang. Kesimpulan: LKPD berbasis jelajah alam sekitar sudang tergolong sangat valid, kuat dan sedang.
Kata kunci: LKPD, jelajah alam sekitar, keterampilan proses sains, keanekaragaman hayati
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 08:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:09 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2250 |