Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI SMA BORNEO BENGKAYANG

MARIANA, MARIANA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI SMA BORNEO BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (437kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (546kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (691kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (422kB)

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan metode ADDIE (Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran. Alat pengumpul
data yang digunakan berupa lembar validasi, angket, dan tes. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh populasi siswa kelas XI SMA Borneo Bengkayang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) hasil perhitungan tingkat kevalidan produk yang dianalisis dengan dua instrument yaitu lembar validasi media dan materi,
pada instrumen media diperoleh rata-rata 85 % dengan kriteria sangat valid dan instrument materi diperoleh rata-rata 82 % dengan ktiteria sangat valid. 2) hasil perhitungan tingkat kepraktisan produk diperoleh hasil rata-rata 83,66 % dengan kriteria sangat praktis. 3) hasil perhitungan tingkat keefektifan didapatkan hasil persentase ketuntasan siswa 82,85 % dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa media komik digital berbasis Problem Based Learning (PBL) dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi
sistem pencernaan di kelas XI SMA Borneo Bengkayang.

Kata kunci: komik digital, PBL, kemampuan berpikir kreatif, materi sistem pencernaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:09
Last Modified: 23 Feb 2024 08:09
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item
View Item