MAWAR, SARI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEDO. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK(14).pdf - Published Version
Download (189kB)
BAB I(13).pdf - Published Version
Download (337kB)
BAB II(17).pdf - Published Version
Download (275kB)
BAB III(17).pdf - Published Version
Download (590kB)
BAB IV(14).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (543kB)
BAB V(21).pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA(17).pdf - Published Version
Download (309kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah model pengembangan menurut Borg dan Gall dengan 8 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian. Subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu, subjek pengembangan dan subjek uji
coba produk. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sanggau Ledo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data atau lembar validasi yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi ahli media dan materi, angket respon guru dan siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah untuk melihat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa pengembangan media pembelajaran Pop up book terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Bangun Datar Dikelas VII SMP Negeri 2 Ledo mencapai tingkat kevalidan dengan kategori valid dengan kevalidan media mencapai nilai RTV 3,93 dan kevalidan materi
mencapai nilai RTV 3,97, tingkat kepraktisan dengan kriteria sangat praktis ditunjukan dengan angket respon siswa yang mencapai nilai 87% dan angket respon yang diberikan guru mencapai nilai 91%., dan tingkat keefektifan dengan
kriteria efektif berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah. Hasil tes menunjukan rata-rata nilai siswa mendapatkan nilai 75,97 dengan persentase ketuntasan 90%.
Kata Kunci: Pop Up Book, Kemampuan Pemecahan Masalah, Bangun Ruang sisi Datar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 08:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:09 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2245 |