DURI, DURI (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
SKRIPSI DURI ( 231910033).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Kemandirian dan Gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantiantif, dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumen. Sampel penelitian ini terdiri dari 4 kelas: A, B, C dan D yang terdiri dari 103 siswa dari tiga kelas tersebut. Nilai Kemandirian dan Gaya belajar siswa dilakukan dengan menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Regresi Linear Berganda. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan beberapa langkah: menentukan dan memilih sampel, mendistribusikan kuesioner, menganalisis, menginterpretasikan, menyimpulkan data yang diperoleh dari tes yang ditabulasikan dan dihitung. Peneliti menggunakan SPSS.26 untuk menganalisis pengaruh ketiga data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara umum kemandirian belajar siswa sudah cenderung ke dalam kategori yang tinggi sebanyak 45 siswa atau 44%, Secara umum gaya belajar siswa sudah cenderung ke dalam kategori yang tinggi sebanyak 35 siswa atau 34%, dan Prestasi Belajar : Berdasarkan hasil tabel statistik deskriptif untuk prestasi belajar (Y), diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 84,893. Jika melihat dari tabel kriteria nilai rata-rata, nilai tersebut termasuk ke dalam kriteria istimewa. (2) Berdasarkan tabel anova diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Sehingga nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh terhadap kedua variabel yang searah atau signifikan. (3) Berdasarkan tabel anova diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Sehingga nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh terhadap kedua variabel yang searah atau signifikan. (4) Berdasarkan tabel anova diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Sehingga nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kemandirian belajar dan gaya belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.
Kata Kunci: Pengaruh, Kemandirian, Gaya belajar, Prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 08:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:09 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2243 |