ASTREA, WINDA (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SEKADAU HILIR. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (994kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (998kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (998kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (995kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (993kB)
ABSTRAK.PDF
Download (992kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (993kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “implementasi model pembelajaran berbasis masalah
terhadap representasi matematis siswa pada materi himpunan di kelas VII
SMP Negeri 3 Sekadau Hilir”.Masalah umum dalam penelitian ini adalah
Bagaimana implementasi model pembelajaran berbasis masalah terhadap
representasi matematis pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Sekadau
Hilir.
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “kemampuan
representasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada
materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Sekadau Hilir”. Sementara itu tujuan
khususnya adalah untuk mengetahui (1) kemampuan representasi matematis siswa
sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis masalah (2) kemampuan
representasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis
masalah (3) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah
diterapkan model pembelajaran berbasis masalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan bentuk penelitiannya adalah pre-eksperimental design karena masih
terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel
terikat. Sementara itu rancangan yang digunakan adalah rancangan one-group
pretest-posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 3 Sekadau Hilir yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VIIA,
VIIB,dan VIIC.Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIC.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling random
dengan cara cluster sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data
adalah teknik pengukuran dengan alat pengumpul datanya berupa tes kemampuan
representasi matematis dalam bentuk soal esai. Soal terdiri dari 6 soal yang
sebelumnya telah divalidasi oleh 2 orang dosen IKIP-PGRI Pontianak dan 1 orang
guru matematika VII SMP Negeri 3 Sekadau Hilir yang kemudian diuji cobakan
di Kelas VII SMP Negeri 1 Sekadau Hilir
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 09:17 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 09:17 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/224 |