Search for collections on digilib

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SEKADAU HILIR

ASTREA, WINDA (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SEKADAU HILIR. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (994kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (998kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (995kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (992kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (993kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “implementasi model pembelajaran berbasis masalah
terhadap representasi matematis siswa pada materi himpunan di kelas VII
SMP Negeri 3 Sekadau Hilir”.Masalah umum dalam penelitian ini adalah
Bagaimana implementasi model pembelajaran berbasis masalah terhadap
representasi matematis pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Sekadau
Hilir.
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “kemampuan
representasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada
materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Sekadau Hilir”. Sementara itu tujuan
khususnya adalah untuk mengetahui (1) kemampuan representasi matematis siswa
sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis masalah (2) kemampuan
representasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis
masalah (3) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah
diterapkan model pembelajaran berbasis masalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan bentuk penelitiannya adalah pre-eksperimental design karena masih
terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel
terikat. Sementara itu rancangan yang digunakan adalah rancangan one-group
pretest-posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 3 Sekadau Hilir yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VIIA,
VIIB,dan VIIC.Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIC.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling random
dengan cara cluster sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data
adalah teknik pengukuran dengan alat pengumpul datanya berupa tes kemampuan
representasi matematis dalam bentuk soal esai. Soal terdiri dari 6 soal yang
sebelumnya telah divalidasi oleh 2 orang dosen IKIP-PGRI Pontianak dan 1 orang
guru matematika VII SMP Negeri 3 Sekadau Hilir yang kemudian diuji cobakan
di Kelas VII SMP Negeri 1 Sekadau Hilir

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 09:17
Last Modified: 31 Aug 2016 09:17
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item
View Item