SAGAY, HERLINA ESTER (2024) IMPLEMENTASI NILAI DEMOKRASI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN OSIS DI SMP NEGERI 1 HULU SUNGAI KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (150kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (197kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (279kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (209kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (389kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB)
Abstract
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang Bagaimanakah Implementasi nilai demokrasi untuk membentuk karakter kepemimpinan OSIS di SMP Negeri 1 hulu sungai kabupaten Ketapang.Tujuan Khusus dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan implementasi nilai demokrasi pada OSIS di SMP Negeri 1 hulu sungai kabupaten ketapang; 2) pelaksanaan karakter kepemimpinan pada OSIS di SMP Negeri 1 hulu sungai kabupaten ketapan.3). Kendala dalam implementasi nilai demokrasi untuk membentuk karakter kepemimpinan OSIS di SMP Negeri 1 hulu sungai kabupaten ketapang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriftif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, dan OSIS di SMP Negeri 1 hulu sungai kabupaten ketapang, dengan prosedur penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan penelitian dan pasca penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik observasi langsung, komunikasi langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara dan studi dokumentasi, Teknik analisa data yaitu reduction, data
display, conclusion, drawing/verification, dengan teknik validitas data trianggulasi sumber. Secara umum hasil penelitian ini Implementasi Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi Nilai Domkrasi sangat baik.
Hasil temuan di lapangan, terwujudnya nilai Demokrasi 1) Siswa memiliki sikap toleransi yang baik, 2) Menghargai perbedaan, 3) Memahami dan menyadari keanekaragaman, 4) terbuka dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat manusia, 5) tanggung jawab, 6) kemanusian dan kebersamaan (7) kepercayaan diri,(8) taat pada peraturan yang berlaku. Adapun kesimpulan secara khusus penelitian ini adalah sebagai berikut:Program Pelaksanaan nilai demokrasi yaitu: 1) Bertanggung Jawab, 2) Memiliki toleransi yang baik, 3) Kemanusian dan kebersamaan ,(4) Mampu mengkoordinasikan
orang lain, serta Mengembangkan sikap saling menghargai, kerja sama, saling toleransi terhadap perbedaan yang ada. Hal ini dapat di lihat dari OSIS di SMP Negeri 1 hulu sungai yaitu: adanya sikap saling menghargai perbedaan, baik kepada teman yang berbeda agama,suku dan ras terbukti ketika mereka mampu menghormati perbedaan yang ditunjukan dengan tidak membeda-bedakan teman. Saat di sekolah, maupun dalam OSIS
bagi mereka memiliki teman dan bisa bertemu dengan banyak orang adalah hal baru dan menyenangkan, dan selain memilki banyak teman mereka juga bisa bertukar pikir sehingga dapat menciptakan lingkungan OSIS dan sekolah menjadi indah dan damai dan menyenangkan. Meski berbeda, mereka tidak menjadikan hal itu sebagai suatu masalah bahkan ketika ada teman yang berbedapun mereka tidak menjauhinya dan harus tetap bermain bersama. Sikap saling menghargai perbedaan adalah sikap menghormati (toleransi) terhadap setiap perbedaan yang ada, dalam rangka menciptakan kedamaian.Saran untuk berbagai pihak terutama kepada peneliti- peneliti selanjutnya diharapkan lebih bisa mengembangkan nilai demokrasi yang baik agar OSIS di SMP Negeri 1 hulu sungai lebih maju lagi kedepannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 08:18 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 08:18 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2219 |