JUANAWATI, RINI (2024) KESALAHAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII A SMP NEGERI 5 MANDOR KABUPATEN LANDAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Abstrak.pdf - Published Version
Download (284kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (215kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (181kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (144kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan lafal, mendeskripsikan kesalahan diksi dan mendeskripsikan kesalahan struktur kalimat dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII A SMP Negeri 5 Mandor Kabupaten Landak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bentuk penelitian yang digunakan peneliti yaitu kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik simak dan teknik dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu alat rekam, panduan observasi dan kamera. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan berbahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia berupa kesalahan pemakaian lafal, kesalahan diksi, dan kesalahan struktur kalimat yang keliru sehingga kalimat yang digunakan menjadi rancu serta pemakaian kalimat yang tidak sesuai antara kalimat satu dan kalimat lainnya.
Kata Kunci: analisis, kesalahan berbahasa Indonesia , interaksi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 01:40 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 01:40 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2205 |