FARIZZA, DIAN (2024) BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 01 MARAU KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (309kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (214kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (343kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (357kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (434kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (310kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang”. Permasalahan utama yang ada didalamnya ialah “Bagaimanakah Hubungan Antara Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang”. Adapun sub-sub masalah yakni: (1) Bagaimanakah minat membaca siswa kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang?, (2) Bagaimanakah prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang?, (3) Apakah terdapat hubungan antara minat membaca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang?.
penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama yakni mendeskripsikan bagaimanakah hubungan antara minat membaca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang. Sementara tujuan khususnya yakni: (1) Untuk mengetahui minat membaca siswa kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang, (3) Untuk mengetahui hubungan antara minat membaca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang.
Penelitian ini menerapkan dua variabel yakni variabel bebas serta variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini ialah “Minat Membaca” pada siswa, sementara variabel terikatnya ialah “Prestasi Belajar Bahasa Indonesia”. Adapun
sumber data yang diterapkan pada penelitian ini yakni siswa kelas XI yang berjumlah 48 siswa, selanjutnya sampel yang diterapkan pada penelitian ini yakni siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang. penelitian ini
menerapkan metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian studi korelasi.
Teknik serta alat pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian ini yakni: (1) Teknik komunikasi tidak langsung berupa angket, (2) Teknik komunikasi langsung berupa wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
XI IPS, (3) Teknik studi dokumenter berupa rekapitulasi nilai raport Bahasa Indonesia.
Secara umum berdasarkan penelitian yang telah diperoleh dari prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang sudah termasuk kedalam kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Berlandaskan pada nilai raport siswa yang berjumlah 15 orang terdapat 10 orang siswa yang mencapai nilai tertinggi yakni 8.00–8.50, sedangkan 2 siswa mendapatkan nilai 7.00–7.50 yang sudah mencapai nilai ketuntasan minimal dan 3 siswalainnya tidak mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 6.00 – 6.50.
Kemudian terlihat dari perhitungan nilai rata-rata keseluruhan pada siswa yang memenuhi nilai KKM yakni 7.76, ini mengindikasikan sebagian besar siswa telah memahami materi pelajaran Bahasa Indonesia.
Pada hasil perhitungan persamaan regresi linier sederhana, pada bab sebelumnya didapatkan koefisien determinasinya
= 0.99 = 0.982. Hal ini berarti nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 0.982 x 100% = 98.82% dipengaruhi oleh variabel lain. Korelasi Product Moment dihitung serta koefisien korelasi bernilai 0,991, maka r hitung melebihi r tabel atau 0.991 > 0.514. Dengan demikian variabel bebas (X) berkorelasi terhadap variabel terikat (Y) atau minat membaca berkorelasi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia.
Selanjutnya t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel pada tingkat signifikansi 95%. Perbandingan ini dilaksanakan guna memudahkan pelaksanaan uji dua sisi, dimana derajat kebebasan (dk) n-15 = 13, maka nilai t tabel = 2.131, sehingga t hitung melampaui atau t tabel atau 2.663 > 2.131. Dengan demikian Ha diterima serta Ho ditolak kebenarannya berlandaskan kriteria pengujian yang telah ditetapkan, maka penelitian ini mengindikasikan terdapat hubungan yang positif antara minat membaca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 01 Marau Kabupaten Ketapang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 09:01 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 09:01 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2178 |