DEVRI, DEVRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOSIAL MEDIA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGABANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (203kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (340kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB)
Abstract
Tujuan umum penelitian ini : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngabang pada materi sosial media sebelum diberikan perlakuan, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngabang pada materi sosial media setelah diberikan perlakuan, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngabang pada
materi sosial media sebelum diberikan perlakuan, (4) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngabang pada materi sosial media setelah diberikan perlakuan.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Exsperimen. Populasinya adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ngabang yang berjumlah 280 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas, terdiri dari satu kelas kontrol (VII E) dan satu kelas eksperimen (VII F). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran, dengan alat pengumpulan data berupa tes pilihan ganda.
Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui pengolahan dan analisis data: 1) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 60,28 dengan standar
deviasi 9,25 sedangkan dengan model pembelajaran problem solving diperoleh rata -rata 67,08 dengan standar deviasi 7,30 masih tergolong kurang. 2) Rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 69,58 dengan standar deviasi 8,23sedangkan dengan model pembelajaran problem solving diperoleh rata -rata 83,75 dengan standar deviasi 5,90 tergolong baik. 3) tidak terdapat perbedaan
hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan.
Kesimpulan pada skripsi ini maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil peserta didik yang diajarakan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi sosial media kelas VII SMP Negeri 1 Ngabang.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Model Problem Solving
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 08:20 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 08:20 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2171 |