SUSILAWATI, LOSE (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP SHALOM BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (191kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (142kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (362kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (472kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (539kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (369kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran menulis pantun pada peserta didik, rata-rata menulis pantun peserta didik kelas VII SMP Shalom Bengkayang jauh dan rendah dari KKM yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 75 khusus nya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Rendahnya nilai yang dicapai peserta didik dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik dan bisa mengembangkan ide atau imajinasi peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian
deskriptif dengan mengumpulkan data-data atau fakta-fakta. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdapat dua siklus dimana setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, Tahapan Perencanaan, Tahapan Pelaksanaan, Tahapan Observasi, Tahapan Refleksi. Berdasarkan Kompetensi Dasar dan mengacu pada alur tujuan pembelajaran (ATP) yang ada, maka peneliti melakukan penelitian di kelas VII SMP Shalom Bengkayang yang berjumlah 27 orang peserta didik. Sebelum penelitian dilakukan secara langsung di lapangan, terlebih dahulu peneliti menyiapkan hal-hal yaitu menyusun instrumen dan rencana tindakan. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan model pembelajaran explicit instruction untuk peningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran pada keterampilan menulis pantun di kelas VII SMP Shalom Bengkayang, untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model explicit instruction ini dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran keterampilan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Shalom Bengkayang. Proses pembelajaran keterampilan menulis pantun menggunakan model pembelajaran explicit instruction pada siklus I berdasarkan
hasil lembar observasi siswa diperoleh nilai persentase aktivitas sebesar 74% atau termasuk dalam cukup, hasil ini masih belum mencapai indikator keberhasilan sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II nilai persentase aktivitas peserta didik sebesar 89% atau termasuk dalam kategori sangat baik, nilai tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan untuk proses belajar peserta didik.
Kata Kunci: Menulis Pantun, Model Explicit instruction
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 03:11 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 03:11 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2142 |