Search for collections on digilib

PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATERI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KETAPANG

Adisty, Aviona (2023) PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATERI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (401kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (347kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (298kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi komponen sistem komputer yang menggunakan metode giving quetion and getting answer, (2) Hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem komputer yang menggunakan pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan metode giving question and getting answer dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi komponen sistem komputer di kelas VIII SMP Negeri 1 ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Post-Test Only Control Design. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ketapang yang berjumlah 236 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas, terdiri dari satu kelas kontrol (VIII A) dan satu kelas eksperimen (VIII C). Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik pengukuran, dengan alat pengumpul data berupa soal tes. Sedangkan teknik pengolahan data dipergunakan rumus-rumus mean(rata-rata), chi kuadrat uji”t”. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui pengolahan dan analisis data : 1) Rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran giving question and getting answer tergolong sangat baik terdapat
peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 82,83 dan standar deviasi 5,36. 2) Rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran konvensional tergolong baik, diperoleh hasil belajar peserta didik dengan rata-rata 69,81 dan standar deviasi 6,81. 3) setelah diadakan pengujian dua pihak dengan menggunakan uji t diperoleh thitung>ttabel atau 8,316>2,001 maka ho ditolak, yang berarti Ha diterima.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Model Giving Question and Getting Answer

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:16
Last Modified: 12 Dec 2023 07:16
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item
View Item