Search for collections on digilib

ANALISIS MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP YAKHALUSTI PONTIANAK

RIVALDO, RIVALDO (2023) ANALISIS MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP YAKHALUSTI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (288kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Analisis manajemen kelas pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak”. Fokus penelitian ini adalah “Analisis manajemen kelas pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak”. Berdasarkan fokus tersebut maka dirumuskan sub masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah perencanaan manajemen kelas pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak? (2) Bagaimanakah pelaksanaan sistem pengorganisasian manajemen kelas pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak? (3) Bagaimanakah kendala dan cara guru dalam melaksanakan manajemen kelas yang baik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak? Berdasarkan fokus penelitian di atas maka dirumuskan tujuan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: ”Analisis manajemen kelas pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak” adapun tujuan khususnya adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan manajemen
kelas pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak (2) Pelaksanaan sistem pengorganisasian manajemen kelas pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII SMP Yakhalusti
Pontianak (3) Kendala dan cara guru dalam melaksanakan manajemen kelas yang baik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak. Peneliti ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam peneliti studi kasus. Supaya data yang terkumpul valid dan reliable maka peneliti menggunakan sumber data berupa informan, dengan 7 siswa kelas VIII, guru mapel IPS dan waka kurikulum sekolah, tempat atau lokasi peneliti dan arsip atau dokumen. Adapun teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari pengolahan data dan analisis data dapat dilihat dari gambaran umum lokasi penelitian, persiapan
penelitian, pelaksanaan penelitian deskripsi data dan analisis data dan hasil penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak sudah terlaksana dengan baik. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut:
(1) Perencanaan manajemen kelas pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik, berdasarkan indikator yang ada bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran IPS, terlebih dahulu menyusun perangkat pembelajaran dalam apersepsi seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menyesuaikan kurikulum 2013. Penyusunan perangkat pembelajaran untuk menjadi langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2) Pelaksanaan sistem pengorganisasian manajemen kelas pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik, guru memberikan motivasi, menggunakan media dalam pembelajaran, dan melakukan diskusi kelompok. Ada juga guru memberikan perhatian khusus, mengajar siswa tersebut
untuk aktif saat proses pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, mengarahkan siswa belajar dalam kelompok. Guru menyusun rencana evaluasi hasil, melakukan verifikasi data, mengolah dan menganalisis data, tindak lanjut hasil evaluasi, teknik tes dan tes objektif (3) Kendala dan cara guru dalam melaksanakan manajemen kelas yang baik pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Yakhalusti Pontianak sudah terlaksanakan dengan baik juga. Kendala guru pada saat mengajar mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang umpan balik mereka. Dalam tujuan pembelajaran yang dirumuskan harus disesuaikan dan diturunkan dari indikator yang ada agar tujuan pembelajaran lebih teratur dan fokus pada hal-hal yang perlu dicapai. Guru membuat rencana tindakan dilakukan sesuai tahapan-tahapan yaitu pertama menentukan desain evaluasi, pengembangan instrumen evaluasi, pengumpulan informasi atau data, analisis, interpretasi dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:16
Last Modified: 12 Dec 2023 07:16
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item
View Item