Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATCA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PONTIANAK

OVIANTI, WIDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATCA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (7kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (344kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (378kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MATCA terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi aljabar yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian ppengembangan dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket dan soal tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Pontianak sebanyak 24 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang pertama adalah validasi media pembelajaran MATCA dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 81,78% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat valid. Yang kedua adalah kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan siswa diperoleh persentase sebesar 85,41% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest peserta didik dengan jumlah yang tuntas sebanyak 21 peserta didik dari 24
peserta didik dengan persentase 87,55% dan nilai rata-rata siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipersentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sehingga diperoleh nilai sebesar 76,042 dengan berpatokan pada nilai KKM sekolah yaitu 74, maka rata-rata hasil tes siswa memiliki kriteria tuntas dan tergolong sangat efektif. Sehingga media pembelajaran MATCA layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi aljabar.

Kata kunci: Media Pembelajaran MATCA, Kemampuan Pemahaman Matematis, ADDIE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:15
Last Modified: 12 Dec 2023 07:15
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item
View Item