NANDA, IRIANINGSIH (2015) MISKONSEPSI BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL PADA MATERI GERAK MELINGKAR. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Download (168kB)
BAB II.PDF - Accepted Version
Download (609kB)
BAB I.PDF - Accepted Version
Download (609kB)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Accepted Version
Download (609kB)
BAB III.PDF - Accepted Version
Download (609kB)
BAB IV.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (609kB)
BAB V.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (609kB)
Abstract
Buku ajar atau buku teks memegang peranan yang sangat penting dalam proses
pembelajaran sebagai sumber belajar siswa maupun pegangan guru . Dari pendapat ahli
dikatakan bahwa salah satu penyebab miskonsepsi adalah pada buku ajar. Buku ajar
atau buku teks yang mengandung miskonsepsi maksudnya adalah konsep yang ada
didalam buku ajar tidak sesuai dengan konsep para ilmuwan. Pentin gnya dilakukan
analisis pada buku ajar, karena buku ajar yang mengandung miskonsepsi dapat
mengganggu prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga menganalisis tingkat
keterbacaan, sebab jika buku ajar tingkat keterbacaannya sulit dapat mengurangi
miskonsepsi. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya miskonsepsi
pada buku ajar fisika SMA kelas XI pada materi gerak melingkar dan tingkat
keterbacaan buku ajar pada materi gerak melingkar. Ada tiga buku ajar fisika yang
diteliti yaitu; 1) Buku ajar fisika SMA kelas XI karangan Sunardi & Siti Zenab
penerbit Yrama Widya tahun 2014 (kurikulum 2013). 2) Buku ajar fisika SMA kelas
XI karangan Marthen Kanginan penerbit Erlangga tahun 2002 (Kurikulum KTSP). 3)
Buku ajar fisika SMA kelas XI karangan Supiy anto penerbit Phibeta tahun 2006
(Kurikulum KTSP). Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan
bentuk penelitian ini adalah analisis isi. Objek penelitian yang diteliti adalah konsep -konsep gerak melingkar pada buku ajar fisika kelas XI. Teknik pengumpulan data
menggunakan studi pustaka dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar
observasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sebagai sumber yaitu
dosen fisika. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan anali sis deskriptif
kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa: 1) Tidak terdapat
miskonsepsi dalam aspek penulisan pada buku ajar fisika SMA kelas XI pada materi
gerak melingkar karangan Sunardi & Siti Zenab/2014, buku ajar karangan Marthen
Kanginan/2002 dan buku ajar karangan Supiyanto/2006. 2) Tidak terdapat
miskonsepsidalam aspek penjelasan konsep pada buku ajar fisika SMA kelas XI pada
materi gerak melingkar karangan Sunardi & Siti Zenab/2014, buku ajar karangan
Marthen Kanginan/2002 dan buku ajar karangan Supiyanto/2006. 3) Tidak terdapat
miskonsepsi dalam aspek penyajian gambar pada buku ajar fisika SMA kelas XI pada
materi gerak melingkar karangan Sunardi & Siti Zenab/2014, buku ajar karangan
Marthen Kanginan/2002 dan buku ajar karangan Supiyanto/2006. 4) Tingkat
keterbacaan pada buku ajar fisika SMA kelas XI pada materi gerak melingkar
memperoleh hasil yaitu; untuk buku ajar karangan Sunardi & Siti Zenab/2014
memperoleh hasil sebesar 30,22, buku ajar karangan Marthen Kanginan/2002
memperoleh hasil sebesar 32,36 dan buku ajar karangan Supiyanto/2006 memperoleh
hasil sebesar 49,60. Ketiga buku ajar termasuk dalam kategori sulit untuk dipahami
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 01:40 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:40 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/210 |