LHIZA, DWI YANTI (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUNGAI PINYUH. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (406kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (603kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (626kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (782kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Download (371kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning
(PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran
Harmonik Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh“. Masalah umum
dalam penelitian ini adalah: “Adakah terdapat Perbedaan Penerapan Model
Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Materi Getaran Harmonik Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh?“.
Adapun sub-sub masalahnya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah rata-rata
hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Problem Based Learning (PBL)
berbasis praktikum pada materi getaran harmonik di kelas XI IPA SMA Negeri 1
Sungai Pinyuh?; (2) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan
model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum pada materi getaran
harmonik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh?; (3) Apakah terdapat
perbedaan sebelum dan setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL)
berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran harmonik di
kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh?
Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui perbedaan
penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum terhadap
hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang
digunakan adalah Pre-Experimental design dengan menggunakan pola rancangan
One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh tahun ajaran 2015/2016 yang
terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Sampel diperoleh dengan
teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen dalam penelitian
ini adalah perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar yang berupa tes essai.
Analisis data rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan
model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum dengan menggunakan
tes hasil belajar siswa, sedangkan analisis pengaruh hasil belajar siswa
menggunakan uji t
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 05:54 |
Last Modified: | 26 Aug 2016 05:54 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/203 |