Search for collections on digilib

STRATEGI PENANAMAN KARAKTER KEBANGSAAN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONTIANAK

RIZAL, RIZAL (2023) STRATEGI PENANAMAN KARAKTER KEBANGSAAN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK(2).pdf] Text
ABSTRAK(2).pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (130kB)
[thumbnail of BAB ll.pdf] Text
BAB ll.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (16kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Penanaman Karakter Kebangsaan Siswa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak”. Fokus umum penelitian ini adalah bagaimana strategi penanaman karakter kebangsaan siswa melalui ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. Adapun masalah umum tersebut diuraikan
menjadi sub-sub masalah khusus sebagai berikut: 1) Apa sajakah program ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. 2) Bagaimanakah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan
siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. 3) Apa sajakah kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. 4) Upaya apakah yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penanaman karakter kebangsaan siswa melalui ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. Tujuan khusus yaitu 1) untuk mengetahui program ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. 2) Untuk mengetahui
pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 1 Pontianak. 4) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak.
Metode dan bentuk penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan bentuk deskriptif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah waka kesiswaan, pembina pramuka, penegak,dan anggota pramuka tingkat penggalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi
langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduction, data display dan conclusion drawing/verification.
Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi penanaman karakter kebangsaan siswa melalui ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak yaitu program ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak yaitu
latihan rutin setiap hari Minggu, perkemahan lomba tingkat regu/pasukan, perkemahan penerimaan tamu penggalang, kegiatan luar pangkalan/insidental dan kegiatan penjelajahan regu. Pelaksanaan program ekstrakurikuler pramuka dalam
menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak yaitu pelaksanaan latihan rutin setiap hari Minggu, pelaksanaan perkemahan lomba tingkat regu/pasukan, pelaksanaan perkemahan penerimaan tamu penggalang, pelaksanaan kegiatan luar pangkalan/insidental, dan pelaksanaan kegiatan penjelajahan regu. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu pemberian materi yang kurang bervariasi sehingga cenderung membosankan dan tidak ada sosialisasi dari pihak sekolah terkait pentingnya ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan
siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu rendahnya dukungan dari orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, orang tua yang takut anaknya kecapekan sehingga tidak fokus terhadap belajarnya dan media sosial. Upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan program ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter kebangsaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak yaitu upaya dari dalam sekolah dan
upaya dari luar sekolah. Upaya dari dalam sekolah yaitu pemberian materi yang bervariasi agar anggota pramuka tidak bosan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Sedangkan upaya dari luar sekolah yaitu sosialisasi kepada orang tua terkait pentingnya ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:23
Last Modified: 18 Sep 2023 08:23
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item
View Item