Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA N 1 NANGA PINOH

EMELIANA, EMELIANA (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA N 1 NANGA PINOH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang 1) valid 2) praktis 3) efektif. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh S.Thiagarajan (Define, Design, Develop and Disseminate). Teknik pengumpulan data: komunikasi tidak langsung, pengukuran dan observasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, agket dan tes. Subjek penelitian: kelas 11 IPA SMA Negeri 1 Nanga Pinoh. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan deskriptif kuantitatif, keefektifan menggunakan nilai KKM yang sudah ditentukan dari sekolah. Hasil penelitian: 1) sangat valid presentase rata-rata sebesar 86,24% 2) sangat praktis dengan presentase respon siswa 96,25% dan respon guru sebesar 100% 3) efektif dengan kriteria nilai diatas KKM presentase rata-rata seluruh siswa sebesar 89,66% dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 93,33%. Kesimpulan: E-LKPD berbasis Problem Based Learning yaitu sudah tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:59
Last Modified: 08 Sep 2023 05:59
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item
View Item