Search for collections on digilib

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 JONGKONG

REJEKI, RISKA SRI (2023) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 JONGKONG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (160kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (413kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (422kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan powtoon dengan pembelajaran metode ceramah pada materi vertebrata di kelas X SMA Negeri 1 Jongkong; 2) untuk
mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning berbantuan powtoon untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi vertebrata di kelas X SMA Negeri 1 Jongkong. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen bentuk penelitian ini yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian post-tets only. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jongkong. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan adalah post-test only dan angket respon siswa.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan powtoon pada materi vertebrata lebih baik daripada menggunakan metode ceramah hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; 2) Respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning berbantuan powtoon memiliki respon yang baik bagi siswa dilihat dari hasil presentase rata-rata siswa yaitu 63,375 dengan kriteria baik.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Powtoon, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:41
Last Modified: 07 Sep 2023 08:41
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item
View Item