Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL GENERATIVE MULTI-REPRESENTATION LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 PONTIANAK

FELISITAS, ANSELMA (2023) PENERAPAN MODEL GENERATIVE MULTI-REPRESENTATION LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (591kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (680kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB)

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh tenaga pendidik agar siswa dapat menerima pembelajaran yang diberikan adalah melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat agar nilai yang dipelajari dapat maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Pembelajaran generative dan multi-representasi menciptakan model belajar Generative Multi-Representation untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada materi yang diajarkan melalui model GMRL. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk
mengetahui kemampuan penalaran siswa pada kelas eksperimen setelah terapkan model generative multi-representation learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak. 2) Untuk
mengetahui kemampuan penalaran siswa pada kelas kontrol setelah terapkan model pembelajaran demonstrasi/ceramah berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak. 3) Untuk mengetahui
kemampuan penalaran siswa mana yang lebih baik antara kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan dengan bentuk quasi experimental designs. Penelitian ini menggunakan rancangan Posttest Only Kontrol Group Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak berjumlah 32 orang siswa. Sampel dalam
penelitian ini merupakan dua kelas yang dipilih secara random yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Kemampuan penalaran siswa pada kelas eksperimen
setelah terapkan model generative multi-representation learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak adalah dengan rerata sebesar 98,66 dengan kategori sangat baik. 2) Kemampuan penalaran siswa pada kelas kontrol setelah terapkan model ceramah berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak dengan rerata sebesar 88,33 dengan kategori sangat baik.
3)Terdapat perbedaan signifikan kemampuan penalaran setelah diberikan model pembelajaran generative multi-representation learning berbantuan modul pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pontianak terhadap
kemampuan penalaran siswa.

Kata kunci: Generative Multi-Representation Learning (GMRL),
Kemampuan PenalaraN

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:01
Last Modified: 07 Sep 2023 08:01
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item
View Item