Search for collections on digilib

ANALISIS MISKONSEPSI BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR TERHADAP SISWA SMA

ALDA, TRI (2023) ANALISIS MISKONSEPSI BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR TERHADAP SISWA SMA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Mipa I di SMA Negeri 1 Kembayan dengan subjek penelitian melibatkan 3 siswa yang diambil dengan menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria yang dipilih meliputi satu siswa dengan nilai tertinggi dari masing-masing tingkat, yaitu tingkat rendah, sedang, dan tinggi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dan bentuk penelitian studi kasus serta teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kritis tingkat rendah saat mengerjakan tes mengalami miskonsepsi, yaitu miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal serta faktor penyebab terjadinya miskonsepsi disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tingkat sedang saat mengerjakan tes mengalami miskonsepsi, yaitu miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal, serta penyebab terjadinya miskonsepsi disebabkan oleh faktor eksternal. Dan siswa dengan kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi saat mengerjakan tes tidak ada yang mengalami miskonsepsi siswa
hanya mengalami kesalahan konsep pada kasus membuat model matematika dan menggambarkan grafik, serta pada kasus membuat model matematika, menggambarkan grafik dan menentukan keuntungan maksimum, serta faktor penyebab terjadinya miskonsepsi disebabkan oleh faktor eksternal.

Kata kunci: Miskonsepsi, kemampuan berpikir kritis, faktor penyebab miskonsepsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:38
Last Modified: 06 Sep 2023 08:38
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item
View Item