NOPITA, ITA (2023) HUBUNGAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA DAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INSTRINSIK CERITA NARASI PADA SISWA KELAS VII MTs HIDAYATUL MUHSININ PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (185kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (134kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (341kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (229kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan Bahasa Indonesia dan keterampilan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi unsur instrinsik cerita narasi pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak. Penelitian ini menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas X1 Penguasaan Bahasa Indonesia, variabel bebas X2 Keterampilan Membaca dan variabel terikat Y Mengidentifikasi unsur instrinsik cerita narasi pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsini Pontianak yang teridir dari satu kelas dengan jumlah 26 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode
deskripsi statistik dengan bentuk penelitian studi korelasi. Teknik yang digunakan yaiti (1) Teknik Observasi Langsung (2) Teknik Pengukuran (3) Teknik Studi Dokumenter. Sedangkan alat yang digunakan adalah alat (1) angket, (2) tes, (3)
dokumentasi. Berdasarkan analisis perhitungan dalam penelitian ini yaitu pertama data Penguasaan Bahasa Indonesia berada pada kategori sangat baik dengan nilai
rata-rata 536. Kedua keterampilan membaca berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 495. Ketiga Mengidentifkasi unsur instrinsik cerita narasi pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak berada pada kategori baik 525. Sehingga dengan demikian terdapat hubungan penguasaan Bahasa Indonesia dan keterampilan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi unsur instrinsik
cerita narasi pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak.
Kata Kunci: Hubungan, penguasaan Bahasa Indonesia, dan keterampilan membaca, dengan kemampuan mengidentifikasi unsur instrinsik cerita narasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 08:51 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 08:51 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1780 |