Search for collections on digilib

APLIKASI KOCA-MATH BERMUATAN EMOTION QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

NINGSIH, KUKUH SUHARIATI (2023) APLIKASI KOCA-MATH BERMUATAN EMOTION QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (486kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (456kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi android yang mencapai kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan. Penelitian ini menggunakan metodologi Research And Development (R&D). Langkah- langkah untuk mengembangkan aplikasi ini menggunakan model ADDIE yang merupakan singkatan dari analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X E SMA Negeri 2 Nanga Pinoh yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan materi, angket respon siswa dan guru, dan posttest. Hasil penelitian terkait dengan kevalidan mencapai tingkat kevalidan dengan kategori “sangat valid” dengan kevalidan media mencapai 87,58% dan kevalidan materi mencapai 87,04%, mencapai tingkat kepraktisan dengan kriteria “sangat praktis” ditunjukan dengan angket respon siswa yang mencapai nilai 94,47% dan angket respon yang diberikan guru mencapai nilai 89,6%, mencapai tingkat keefektifan dengan kriteria “sangat efektif” berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah dengan hasil tes menunjukan persentase ketuntasan siswa mendapatkan nilai 87,5%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi KOCA�Math bermuatan emotion quotient terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem persamaan linear dua variabel sangat layak digunakan.

Kata Kunci: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, aplikasi Koca-Math, Emotion Quotient, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:51
Last Modified: 23 Aug 2023 08:51
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item
View Item