SUKMA, WINDY MEILISA (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PJOK PADA TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT ATAS KELAS X KABUPATEN SINTANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (84kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (182kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (298kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (104kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (8kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK menggunakan kurikulum merdeka belajar di sekolah SMAN 4 Sintang dan SMAN 1 Kelam Permai, sehingga peneliti bisa tahu bagaimana proses dan hasil belajar siswa
selama menggunakan kurikulum merdeka belajar. Sedangkan masalah khusus dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Penjas Dalam Mata Pelajaran PJOK Di Siswa Kelas X Kabupaten Sintang ? Bagaimana Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kurikulum Merdeka
Belajar Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas X Kabupaten Sintang ? Apa Yang Menjadi Hambatan Guru PJOK Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas X Kabupaten Sintang?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari sekolah SMAN4 Sintang dan SMAN 1 Kelam Permai. Teknik pengumpulan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, pedoman observasi, dokumentasi, kuesioner dan alat pengumpulan datanya menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi dan kuesioner.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 4 tahapan yaitu pengumpulan data (Data Collection), reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data display), penarikan kesimpulan (verification).
Hasil dari analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PJOK tidak jauh berbeda dai kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum merdeka belajar, tetapi di kurikulum merdeka belajar ini pada mata pelajaran PJOK siswa lebih senang dan bersemangat karena sekarang siswa dibebaskan menggunakan fasilitas olahraga disekolah sesuai dengan kemampuan dan bakatnya masing-masing, untuk siswa
yang motoriknya pada saat dilapangan tidak terlalu baik saat memperagakan apa yang guru contohkan, guru mata pelajaran PJOK akan lebih mendampingi dengan menggunakan metode memodifikasi dengan permainan, otomatis pada saat siswa
memperagakan dengan metode modifikasi dengan permainan secara tidak sadar siswa telah berhasil mencontoh gerakan yang diberikan guru. Untuk nilai rata-rata mata pelajaran penjaskes pada rapot siswa di sekolah SMAN 4 Sintang dan
SMAN 1 Kelam Permai yaitu diperoleh 85 nilai rata-rata siswa. Hasil angket angket siswa SMAN 4 sintang didapatkan dari 30 item pernyataan terdapat 4 item yang tidak valid dan untuk SMAN 1 Kelam Permai dari 30 item pernyataan terdapat 3 item yang tidak valid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 07:56 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:56 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1748 |