Sumardi, Sumardi (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GALING KABUPATEN SAMBAS. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (250kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (313kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (493kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (299kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB)
Abstract
Tujuna umum dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Galing Kabupaten Sambas. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Galing Kabupaten Sambas. 2) Pelaksanaan meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Galing Kabupaten Sambas. 3) Peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Galing Kabupaten Sambas.
Variabel yang terdapat pada penelitian ini adalah variabel tindakan dan variabel masalah, variabel tindakan adalah pendekatan bermain, sedangkan variabel masalah adalah passing bawah bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Galing Kabupaten Sambas.
Hasil peningkatan pembelajaran passing bawah bola voli menggunakan pendekatan bermain diperoleh dengan membandingkan nilai tes awal sebelum melakukan tindakan yang disebut dengan “Pra Siklus”. Dari tes pra siklus terlihat
masih banyak siswa yang belum memahami matari passing bawah bola voli yang mana terdapat 8 siswa yang tuntas atau 36,36% sedangakan 14 siswa belum tuntas atau 63,64%. Setelah diterapkan pendekatan bermain pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli yaitu siswa tuntas menjadi 13 siswa atau 59,09% sedangkan siswa tidak tuntas 9 siswa atau 40,91%. Dan berdasarkan hasil tes akhir pada siklus II dapat dilihat bahwa adanya peningkatan
hasil belajar passing bawah bola voli yaitu sebanyak 19 siswa tuntas atau 86,36% dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau 13,64%. Dari jumalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Galing Kabupaten Sambas sebanyak 19 siswa sudah mendapatkan nilai diatas batas KKM yaitu 70.
Kesimpulan dari penelitian ini pembelajaran melalui metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu hasil belajar passing bawah bola voli yang dilakukan siswa meningkat dari 36,36% siswa yang tuntas pada kondisi awal menjadi 59,09 % siswa tuntas pada akhir siklus 1 dan meningkat menjadi 86,36 % siswa tuntas pada akhir siklus II
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 05:50 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 05:50 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1740 |