Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS WORDWALL UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 06 SATU ATAP GALING

ELEN, ELEN (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS WORDWALL UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 06 SATU ATAP GALING. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (788kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (274kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (49kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen evaluasi berbasis wordwall untuk mata pelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 06 Satu Atap Galing yang mencapai tingkat kevalidan, keefektifan, kepraktisan serta untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep matematika. Research and Development (R&D) merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan model pengembangan Borg and Gall. Tahapan pengembangan Borg and Gall yang digunakan terdiri dari 8 tahapan yakni analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Peserta didik kelas VIII
SMP Negeri 06 Satu Atap Galing sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan instrumen evaluasi berbasis wordwall yang dilihat dari: (1) persentase rata-rata validasi ahli media sebesar 83,67% dengan kriteria sangat valid dan untuk persentase rata-rata validasi ahli materi sebesar 86,67% dengan kriteria sangat valid, (2) hasil dari uji reliabilitas sebesar 0,730 sehingga instrumen evaluasi tergolong efektif untuk digunakan, (3) persentase rata-rata angket respon peserta didik dan guru sebesar 84,50% dengan kriteria sangat praktis, (4) persentase paham
konsep sebesar 26,99% termasuk kriteria rendah, persentase miskonsepsi sebesar 47,93% termasuk kriteria cukup dan persentase tidak paham konsep sebesar 25,07% termasuk kriteria rendah.

Kata Kunci: Instrumen Evaluasi; Bangun ruang; Matematika; Wordwall; TTMC

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:00
Last Modified: 10 Aug 2023 02:00
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item
View Item