SEPTA, MONIKA (2023) KARAKTERISTIK METAKOGNISI DAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI SMPN 03 AMBALAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (101kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (328kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (409kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (363kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa dan kemmapuan multirepresentasi siswa serta bagaimana hubungan antara kemampuan metakognisi dengan kemampuan multirepresentasi siswa pada materi pesawat sederhana, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan bentuk penelitian ini yaitu survei. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengukuran. Pengolahan data metakognisi dan multirepresentasi menggunakan Microsoft excel 2013 dan untuk mencari hubungan antara kemampuan metakognisi dan kemampuan multirepresentasi yaitu menggunakan Statistical program for social science (SPSS 26). Subjek dari penelitian ini adalah 18 siswa kelas VIII SMPN 03 Ambalau. Hasil penelitian
pada kemampuan metakognisi siswa yaitu dalam mengidentifikasi masalah rata-rata sebesar 58% dengan kategori cukup, kemampuan siswa dalam mengidentifikasi konsep rata-rata sebesar 53% dengan kategori cukup, dan
kemampuan siswa dalam mempertimbangkan implikasi suatu konsep rata-rata sebesar 39% dengan kategori kurang. Pada kemampuan multirepresentasi siswa yang diperoleh nilai rata-rata kemampuan multirepresentasi siswa mengubah representasi verbal ke gambar rata-rata sebesar 31% dengan kategori kurang, kemampuan multirepresentasi siswa mengubah representasi gambar ke matematis rata-rata sebesar 36% dengan kategori kurang, dan kemampuan multirepresentasi
siswa mengubah representasi verbal ke matematis rata-rata sebesar 70% dengan kategori baik. Sedangkan hubungan antara kemampuan metakognisi dengan kemampuan multirepresentasi siswa korelasi yang didapat bahwa taraf signifikasinya 0,000 yang artinya ada korelasi signifikan antara kemampuan
metakognisi dengan kemampuan multirepresentasi dan uji korelasi menunjukkan derajat hubungan 0,780 yang artinya hubungan tingkat keeratannya sangat kuat.
Kata Kunci: Kemampuan metakognisi; kemampuan multirepresentasi; pesawat sederhana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:24 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1722 |