Search for collections on digilib

KARAKTERISTIK METAKOGNISI DAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI SMPN 03 AMBALAU

SEPTA, MONIKA (2023) KARAKTERISTIK METAKOGNISI DAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI SMPN 03 AMBALAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (328kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (409kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa dan kemmapuan multirepresentasi siswa serta bagaimana hubungan antara kemampuan metakognisi dengan kemampuan multirepresentasi siswa pada materi pesawat sederhana, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan bentuk penelitian ini yaitu survei. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengukuran. Pengolahan data metakognisi dan multirepresentasi menggunakan Microsoft excel 2013 dan untuk mencari hubungan antara kemampuan metakognisi dan kemampuan multirepresentasi yaitu menggunakan Statistical program for social science (SPSS 26). Subjek dari penelitian ini adalah 18 siswa kelas VIII SMPN 03 Ambalau. Hasil penelitian
pada kemampuan metakognisi siswa yaitu dalam mengidentifikasi masalah rata-rata sebesar 58% dengan kategori cukup, kemampuan siswa dalam mengidentifikasi konsep rata-rata sebesar 53% dengan kategori cukup, dan
kemampuan siswa dalam mempertimbangkan implikasi suatu konsep rata-rata sebesar 39% dengan kategori kurang. Pada kemampuan multirepresentasi siswa yang diperoleh nilai rata-rata kemampuan multirepresentasi siswa mengubah representasi verbal ke gambar rata-rata sebesar 31% dengan kategori kurang, kemampuan multirepresentasi siswa mengubah representasi gambar ke matematis rata-rata sebesar 36% dengan kategori kurang, dan kemampuan multirepresentasi
siswa mengubah representasi verbal ke matematis rata-rata sebesar 70% dengan kategori baik. Sedangkan hubungan antara kemampuan metakognisi dengan kemampuan multirepresentasi siswa korelasi yang didapat bahwa taraf signifikasinya 0,000 yang artinya ada korelasi signifikan antara kemampuan
metakognisi dengan kemampuan multirepresentasi dan uji korelasi menunjukkan derajat hubungan 0,780 yang artinya hubungan tingkat keeratannya sangat kuat.

Kata Kunci: Kemampuan metakognisi; kemampuan multirepresentasi; pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:24
Last Modified: 08 Aug 2023 06:24
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item
View Item