YOLANDA, AVILA (2023) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DILIHAT DARI VISUALISASI SPASIAL SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI LAUR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (593kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (495kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (979kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis tingkat tingkat dilihat dari visualisasi spasial pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Laur; (2) Untuk
mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis tingkat sedang dilihat dari visualisasi spasial pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Laur; (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis tingkat rendah dilihat dari visualisasi spasial pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Laur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang terdiri dari 26 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis berbentuk essay sebanyak 6 soal, dan wawancara terdapat 6 siswa diperoleh dari hasil tes yang terdiri dari 2 siswa (B8 dan B1) perwakilan kelompok tingkat tinggi, 2 siswa (B25 dan B10) perwakilan kelompok tingkat sedang, dan 2 siswa (B11 dan B22) perwakilan kelompok tingkat rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa B8 dan B1 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat tinggi memenuhi indikator-indikator visualisasi spasial pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah dan pencapaian pola. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat tinggi memiliki kemampuan visualisasi spasial tinggi, untuk siswa B25 dan B10 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat sedang siswa B25
memenuhi indikator-indikator visualisasi spasial pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah sedangkan siswa B10 memenuhi indikator pengimajinasian
dan pengkonsepan saja. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat sedang memiliki kemampuan visualisasi spasial sedang, dan siswa B11 dan B22 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat rendah hanya memenuhi indikator pengkonsepan saja. Jadi dapat
disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat rendah memiliki kemampuan visualisasi spasial rendah.
Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Visualisasi Spasial, Koordinat Kartesius
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:24 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1717 |