Search for collections on digilib

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DILIHAT DARI VISUALISASI SPASIAL SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI LAUR

YOLANDA, AVILA (2023) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DILIHAT DARI VISUALISASI SPASIAL SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI LAUR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (368kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (593kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (495kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis tingkat tingkat dilihat dari visualisasi spasial pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Laur; (2) Untuk
mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis tingkat sedang dilihat dari visualisasi spasial pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Laur; (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis tingkat rendah dilihat dari visualisasi spasial pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Laur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang terdiri dari 26 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis berbentuk essay sebanyak 6 soal, dan wawancara terdapat 6 siswa diperoleh dari hasil tes yang terdiri dari 2 siswa (B8 dan B1) perwakilan kelompok tingkat tinggi, 2 siswa (B25 dan B10) perwakilan kelompok tingkat sedang, dan 2 siswa (B11 dan B22) perwakilan kelompok tingkat rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa B8 dan B1 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat tinggi memenuhi indikator-indikator visualisasi spasial pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah dan pencapaian pola. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat tinggi memiliki kemampuan visualisasi spasial tinggi, untuk siswa B25 dan B10 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat sedang siswa B25
memenuhi indikator-indikator visualisasi spasial pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah sedangkan siswa B10 memenuhi indikator pengimajinasian
dan pengkonsepan saja. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat sedang memiliki kemampuan visualisasi spasial sedang, dan siswa B11 dan B22 memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat rendah hanya memenuhi indikator pengkonsepan saja. Jadi dapat
disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tingkat rendah memiliki kemampuan visualisasi spasial rendah.

Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Visualisasi Spasial, Koordinat Kartesius

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:24
Last Modified: 08 Aug 2023 06:24
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item
View Item