ERNES, FRANSISKA (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 01 TUMBANG TITI KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
abstarak.pdf - Published Version
Download (166kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (195kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (370kB)
bab 3.pdf - Published Version
Download (414kB)
bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Download (585kB)
bab 5.pdf - Published Version
Download (95kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (169kB)
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian Tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas, guru harus bertindak sebagai pengajar. Sedangkan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Peneltian ini dilaksanakan di SMA Negeri 01 Tumbang Titi
Kabupaten Ketapang dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran dalam meningkatkan keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi terdapat peningkatan hasil belajar siswa Adapun peningkatan hasil
tampak dari evaluasi hasil belajar pra tindakan, siklus I dan siklus II. Mengacu pada hasil belajar pra tindakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah atau belum mencapai KKM, siswa yang mencapai KKM hanya 3 siswa
yang tuntas dibuktikan dengan presentase 15% dari jumlah siswa kelas XI IPS 1, sedangkan ada 17 siswa yang belum tuntas ( 85 % ) dengan nilai rata-rata 52,25. Pada siklus I mengalami peningkatan presentase pencapaian KKM 30% dengan
nilai rata-rata 70, siswa yang mecapai KKM 12 siswa, dan yang belum mencapai KKM 8 siswa, maka target belum tercapai, oleh karena itu dilanjutkan pada siklus II, pada siklus II juga mengalami peningkatan, prensentase pencapaian KKM adalah 75% dengan nilai rata-rata 78,5 , siswa yang mencapai KKM 15 siswa, sedangkan yang belum mencapai KKM 5 siswa, dengan demikian target pencapaian KKM 75 dengan pencapaian presentase 75% sudah tercapai, walaupun ada beberapa siswa yang belum melaksanakan prentase karena sakit, tetapi target sudah tercapai maka penelitian berhenti pada siklus II.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keefektifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:24 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1713 |