RESHA, ICA (2023) Pengembangan Modul Ajar Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP Islam Al-Baisuny Pontianak. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
BAB I SETELAH PLAGIASI.pdf - Published Version
Download (311kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (596kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (428kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul ajar bermuatan pendidikan karakter pada materi koordinat kartesius kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yakni pengembangan yang mengguanakan model pengembangan Borg dan Gall yang meliputi tujuh langkah pokok, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk dan; (7) revisi produk. Kevalidan yang diperoleh dari penilaian para ahli, yaitu ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dua orang dosen pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak dan satu orang guru mata pelajaran matematika SMP Islam Al-Baisuny Pontianak. Hasil
penelitian rata-rata persentase validasi menunjukkan sebesar 82,09 % sehingga modul dikategorikan Sangat Valid. Kemudian kepraktisan yang dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 89,38% dengan kategori sangat Praktis. Terakhir yakni keefektifan yang dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest sebesar %. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul ajar bermuatan pendidikan karakter pada materi koordinat kartesius valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: Modul, Pendidikan karakter, dan kevalidan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 06:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 06:06 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1710 |