Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA PADA SUB MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII MTS ISLAMIYAH PONTIANAK

DESANDI, ROKI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA PADA SUB MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII MTS ISLAMIYAH PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK dan RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
ABSTRAK dan RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (464kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (710kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan, dan tingkat literasi digital siswa setelah menggunakan media pembelajaran E-Comic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Desing, Development, Implementation, Evaluaition). Teknik yang digunakan teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar validasi, angket, dan tes. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh populasi siswa kelas VIII MTs Islamiyah Pontianak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan, keefektifan, dan analisis data tingkat literasi
digital siswa dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) hasil perhitungan tingkat kevalidan produk yang dianalisis dengan dua instrument yaitu lembar validasi media dan materi, pada instrumen media diperoleh rata-rata 95% dengan kriteria sangat valid dan instrument materi diperoleh rata-rata 86% dengan ktiteria sangat valid. 2) hasil perhitungan tingkat
kepraktisan produk diperoleh hasil rata-rata 93,41% dengan kriteria sangat praktis. 3) hasil perhitungan tingkat keefektifan didapatkan hasil persentase ketuntasan siswa 100% dengan kriteria sangat efektif. 4) hasil perhitungan
tingkat literasi digital siswa diperoleh hasil rata-rata 92,2% dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Comic, Literasi Digital Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:30
Last Modified: 19 Jun 2023 07:30
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item
View Item