ANASTASIA, ANASTASIA (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SIMULASI GAME DIKELAS X IIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 MEMPAWAH HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (157kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (186kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (194kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (393kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (359kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatka Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Simulasi Game DiKelas X IIS Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Mempawah Hulu”. Fokus penelitian ini adalah “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Simulasi Game Dikelas X IIS Pada Mata
Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Mempawah Hulu”. Sub fokusnya adalah;1) Bagaimana pelaksanaan metode simulasi game dikelas X IIS pada mata pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Mempawah Hulu? 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode simulasi game dikelas X IIS pada mata pelajaran
sejarah SMA Negeri 1 Mempawah Hulu?
Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel tindakan dan variabel hasil. Variabel tindakan dalam penelitian ini menggunakan Metode Simulasi Game dan variabel hasil dalam penelitian ini yaitu hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), jenis kolaboratif, subjek penelitian siswa-siswi kelas X IIS SMA Negeri 1 Mempawah Hulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik pengukuran, dan teknik studi documenter alat pengumpulan data yakni lembar observasi, soal tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif, Indikator kinerja dikatakan berhasil apabila 80% dari nilai dari
keseluruhan jumlah siswa-siswi dikelas X IIS terlibat secara aktif baik dalam proses pembelajaran dan mencapai kriteria hasil belajar dengan kategori baik.
Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Pelaksanaan simulasi game ini secara umum hasil penelitian ini mendeskripsikan bagaimana siswa aktif dalam game ini mereka bersimulasi untuk sistem belajar dikelas X IIS SMA Negeri 1 Mempawah Hulu. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti sebagai obsever berkolaborasi dengan guru sejarah guna kelancaran selama proses pembelajaran maka penelitian tindakan ini terdiri dari tahap Pra Tindakan, siklus I dan siklus II,
berdasarkan hasil sebelum menggunakan metode simulasi dari data nilai yang diperolah dari hasil pra tindakan hasil belajar siswa masih belum memuaskan karena masih banyak yang dibawah KKM. Hasil nilai rata-rata siswa pra tindakan 57,42 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 0 siswa dari 35 siswa. Pada siklus I telah diterapkkan metode simulasi game mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai siswa 70,42 dengan jumlah siswa 17 siswa telah nilai KKM dari 35 siswa, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 78,81 dengan jumlah 29 siswa yang mencapai nilai KKM dari 35 siswa. Sehingga dengan menggunakan metode simulasi Game hasil belajar siswa dikelas X IIS SMA Negeri 1 Mempawah Hulu
mengalami peningkatan. 2) Melalui kegiatan penelitian dan pengukuran hasil belajar dapat diketahui dengan hasil belajar siswa dikelas X IIS SMA Negeri 1 Mempawah Hulu yaitu nilai rata-rata 70,42 siklus I dengan presentase 48,57%
sedangkan siklus II nilai rata-rata 78,71 nilai presentase 88,85% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 07:08 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 07:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1613 |