ELIN, ELIN (2023) PENGEMBANGAN ALAT UKUR JARAK BERBASIS ARDUINO NANO DENGAN TAMPILAN LCD PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 SEPAUK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
abstarak.pdf - Published Version
Download (90kB)
bab 1..pdf - Published Version
Download (188kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (371kB)
bab 3.pdf - Published Version
Download (424kB)
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (685kB)
bab 5.pdf - Published Version
Download (171kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (113kB)
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau disebut juga Research and Developmet. Rancangan penelitian yang akan dikembangkan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan yang disampaikan Borg and gall. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah Alat Ukur Jarak Berbasis Arduino Nano dengan Tampilan LCD pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 5 Sepauk. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah meliputi dua subjek. Subjek yang pertama ialah validator dan yang kedua adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sepauk. Teknik analisis yang digunakan adalah untuk mengetahui keefektifan, kepraktisan dan
kevalidan. Persentase keefektifan dari rata-rata kedua analisis memperoleh nilai persentase 94,06% dengan kriteria sangat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Hasil dari gabungan angket respon giuru dan siswa rata-rata
persentase yang diperoleh adalah 89,55% dengan kriteria sangat praktis. Hasil gabungan rata-rata persentase yang diperoleh dari persentase para ahli dan hasil ujicoba pengukuran diperoleh persentase 76,36% dengan kriteria sangat valid.
Kata Kunci: Alat Ukur Jarak, Arduino Nano, LCD, Bangun Ruang Sisi Datar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 06:15 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 06:15 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1589 |