Search for collections on digilib

Pengembangan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs Nurul Ma’arif 1 Dedai

SITI, RADIAH PERMATASARI (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs Nurul Ma’arif 1 Dedai. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (691kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (663kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (460kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran bermuatan karakter terintegrasi ayat-ayat al Qur’an yang mencapai kriteria valid, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4D oleh Thiagaraja, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessiminate). Namun penelitian ini
hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) saja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ma’arif 1 Dedai sebanyak 23 siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi, angket, dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian validasi media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 88,54% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 88,20% dalam kriteria sangat valid dengan kategi sangat baik. Sedangkan nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi oleh siswa dan guru yang diakumulasikan sehingga diperoleh presentase sebesar 89,61% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest
siswa yang dengan jumlah 10 orang siswa dengan presentase 86,25% dan nilai rata-rata siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipresentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sehingga diperoleh nilai sebesar 86,25 dengan berpatokan pada niali KKM sekolah yaitu 75, maka rata-rata hasil tes siswa memiliki kriteria tuntas dan tergolong sangat efektif.

Kata kunci: Video pembelajaran, bermuatan karakter, integrasi ayat-ayat al�Qur’an, pengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:57
Last Modified: 27 Mar 2023 07:57
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item
View Item