HERLINA, HERLINA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI MTs NEGERI 2 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (154kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (331kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (294kB)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (753kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA
KELAS VII MTs NEGERI 2 PONTIANAK”. Adapun masalah umum dalam
penelitian ini adalah Pengembangan Media Bagaimana Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di MTs 2 Negeri Pontianak. Masalah yang menjadi fokus penelitian di antarnya sebagai berikut :
(1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak?, (2) Bagaimana kelayakan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak? dan (3) Bagaimana respon siswa terhadap pengguanaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak?.
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di MTs 2 Negeri Pontianak. Pengembangan yang dimaksud dalam hal ini adalah dengan
tujuan khusus mengetahui: (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak, (2) Kelayakan produk
media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak dan (3) Respon siswa terhadap pengguanaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D), dengan rancangan penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba skala kecil dilakukan sebanyak 10 siswa dan uji coba skala besar dilakukan sebanyak 35 siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian dari validasi ahli media diperoleh rata-rata presentase kelayakan 92,5% dengan kategori sangat layak. Kemudian untuk validasi ahli materi diperoleh rata-rata
presentase kelayakan 95% dengan kategori sangat layak. Untuk uji coba skala kecil diperoleh rata-rata presentase respon 87,6% dengan kategori sangat baik. Dan untuk uji coba skala besar diperoleh rata-rata presentase respon 89,6% dengan kategori sangat baik. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi untuk peneliti yang ingin melakukan penelitian sejenis, media yang dibuat dapat membantu dalam proses pembelajaran, dan pengembangan ini bisa dijadikan
program sekolah sehingga memungkinkan guru untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi pembelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 07:18 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 07:18 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1551 |