HENDRA, KILAT (2023) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AUTO CAD DI SMK PERTUKANGAN St. YUSUP KUBU RAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (10kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (182kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (210kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (347kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (433kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran AutoCAD di SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya. Masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi sub masalah (1) Gambaran Umum Tentang Kedisiplinan siswa, Motivasi Belajar, Dan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AutoCAD Di SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya?; (2) Pengaruh Kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran AutoCAD di SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya?; (3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran AutoCAD di SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya?, dan (4) Pengaruh Kedisiplinan dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran AutoCAD di SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi secara obyektif, adapun tujuan penelitian ini yang pertama yaitu mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran AutoCAD di kelas X,XI dan XII SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya , mengetahui
pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran AutoCAD di kelas X,XI dan XII SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya, mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar
pada mata pelajaran AutoCAD di kelas X,XI dan XII SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya Variabel dalam penelitian ini ada 2 yaitu, variabel bebas meliputi kedisiplinan siswa dan motivasi belajar sedangkan untuk variabel terikat yakni
hasil belajar siswa yang di ambil nilai rata-rata dari nilai PTS (Penilaian Tengah Semester) semester ganjil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian Expost Facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X,XI,XII SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya tahun ajaran 2022-2023 yang terdiri dari 6 kelas sedangkan pemilihan smpel ini menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah Teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter, dengan alat pengumpul data menggunakan angket dan dokumentasi, sebelum digunakan alat pengumpul data tersebut telah divalidasi dan di uji reliabilitasnya.
Teknik analisis data dari hasil penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil Penelitian adalah berdasarkan analisis deskriptif diketahui bawah kedisiplinan, motivasi, dan hasil belajar siswa tergolong tinggi. Berdasarkan analisis inferensial diketahui tidak ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar begitu pula dengan motivasi belajar dengan hasil belajar. Untuk pengaruh secara bersama-sama tidak ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AutoCAD.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian dan pembahasaan nya dapat disimpulkan bawah Gambaran umum kedisiplinan, motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran AutoCAD Siswa SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya sudah tergolong tinggi hingga sangat tinggi, Variabel kedisiplinan siswa tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar AutoCAD siswa kelas X,XI,XII SMK Pertukangan St.Yusup Kubu Raya, Berdasarkan hasil analisis diketahui koefisien determinan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya pada mata pelajaran sebesar 0,08% atau tergolong sangat rendah, Variabel motivasi belajar tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar AutoCAD siswa kelas X,XI,XII SMK Pertukangan St.Yusup Kubu Raya.
Berdasarkan hasil analisis diketahui koefisien determinan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa SMK Pertukangan St. Yusup Kubu Raya pada mata pelajaran sebesar 0,0% atau tergolong sangat rendah dan Variabel kedisiplinan siswa dan
motivasi belajar secara bersama-sama juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 0,144 > 0,120.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 08:43 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 08:43 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1541 |