Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN RPG MAKER MV DALAM MATERI BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KAYAN HILIR

SKOLASTIKA, WENI FEBRIANI (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN RPG MAKER MV DALAM MATERI BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KAYAN HILIR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (343kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi berbasis android berbantuan RPG maker Mv dalam materi bangun datar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kayan Hilir berdasarkan tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kayan Hilir sebanyak 16 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal posttest kemampuan pemecahan masalah. Tingkat kevalidan game edukasi berbasis android mencapai kriteria sangat valid dengan kevalidan materi mencapai 88,06% dan kevalidan media mencapai 88,57%. Tingkat kepraktisan game edukasi berbasis android mencapai kriteria sangat praktis melalui angket respon guru yang mecapai 91,43% dan angket respon siswa
mencapai 93,06%. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari pengerjaan posttest untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis oleh siswa sebesar 71,43% dengan kriteria efektif. Dengan demikian game edukasi berbasis android berbantuan RPG
maker Mv dalam materi bangun datar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kayan Hilir tergolong valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: Game edukasi berbasis android, RPG maker Mv, Kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:25
Last Modified: 03 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item
View Item