Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA TRUTH OR DARE MATH BERBASIS STRATEGI HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PARINDU

NORITA, ESRA YANTI SINAGA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA TRUTH OR DARE MATH BERBASIS STRATEGI HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PARINDU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (446kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (429kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Truth Or Dare Math berbasis strategi heuristik dalam materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan 4D, yang terdiri atas define (pendefinisian), design (Perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun dalam penelitian hanya
dilaksanakan sampai tahap development (pengembangan) karena waktu yang terbatas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Parindu sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi, angket, dan soal Posttest.
Berdasarkan hasil penelitian yang pertama adalah validasi media pembelajaran Truth Or Dare Math berbasis strategi heuristik yaitu dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 89, 10% dalam kriteri sangat valid. Yang kedua
adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 89,95% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari hasil prosttest siswa dengan hasil persentase indeks yaitu 76,67%. Artinya, terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga media pembelajaran truth or dare math berbasis strategi heuristik dikategorikan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan truth or dare math berbasis strategi heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Truth Or Dare Math, Strategi Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Peluang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:13
Last Modified: 22 Feb 2023 08:13
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item
View Item