DANDI, KURNIAWAN (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUHAID KABUPATEN KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (443kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (4MB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (4MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil keterampilan Smash Bola Voli Melalui Penerapan Modifikasi media pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu?”.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana hasil keterampilan Smash Bola Voli Melalui Penerapan Modifikasi media pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Variabel yang terdapat dalam penelitian adalah variabel masalah dan
variabel tindakan, variabel masalahnya adalah keterampilan smash bola voli, sedangkan variabel tindakannya adalah Modifikasi media pembelajaran.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 orang, yaitu putri 17 orang dan putra 15 orang.
Hasil peningkatan keterampilan smash bola voli diperoleh dengan cara membandingkan nilai observasi dengan awal tes sebelum tindakan yang dikenal dengan “pra siklus”. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan, terdapat peningkatan nilai observasi siswa yang semula nilai rata-rata dari pra siklus sebesar 44.03 menjadi 78.69. Pada siklus I ini, smash bola voli siswa mengalami peningkatan
menjadi 40,62% dengan nilai rata-rata 69,13. berdasarkan dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakan pada siklus II, terdapat peningkatan prestasi siswa yang semula persentase ketuntasan dari pra siklus sebesar 28,13% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,69.
Kesimpulan dari penelitian ini penerapan Modifikasi media pembelajaran terbukti dapat meningkatkan keterampilan smash bola voli. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan smash bola voli yang cukup baik, yaitu mengalami peningkatan nilai siswa disetiap siklusnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1409 |