MARGARETA, RISNA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI INTEGRASI APLIKASI OFFICE DI SMA NEGERI 1 TOBA KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (153kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (656kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (250kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Integrasi Aplikasi Office di SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau.”
Masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi Integrasi Aplikasi Office di SMA Negeri 1 Toba; 2). Bagaimana kelayakan media pembelajaran pembelajaran berbasis Android pada materi Integrasi Aplikasi Office di SMA Negeri 1 Toba; 3). Bagaimana respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Android materi Integrasi Aplikasi Office di SMA Negeri 1 Toba. Adapun tujuan dalam penelitian untuk mengetahui: 1). Pengembangan media pembelajaran
berbasis Android pada materi Integrasi Aplikasi Office di SMA Negeri 1 Toba; 2). Kelayakan media pembelajaran berbasis Android yang telah dikembangkan pada materi Integrasi Aplikasi Office di SMA Negeri 1 Toba; 3). Respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Android pada materi Integrasi Aplikasi Office di SMA Negeri 1 Toba.
Metode Penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evalution). Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1). Subjek pengembangan yang terdiri dari ahli materi dan ahli media; 2). Subjek uji coba yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: 1). Observasi; 2). Teknik komunikasi langsung; 3). Teknik komunikasi tidak langsung; 4). Teknik Dokumentasi. Adapun alat pengumpulan data yaitu: 1). Lembar observasi; 2). Wawancara tidak terstruktur; 3). Angket; 4). Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan memperoleh skor 4,5 atau tergolong dalam kategori sangat baik oleh ahli materi dan memperoleh skor 4,57 atau tergolong dalam kategori sangat baik oleh ahli
media, sedangkan respon dari pengguna media pembelajaran berbasis Android memperoleh skor 4,40 atau tergolong sangat baik.
Kesimpulan dari skripsi ini berdasarkan skor yang diperoleh maka media pembelajaran yang dikembangkan sangat baik digunakan dalam pembelajaran Informatika khususnya materi Integrasi Aplikasi Office, dan siswa dapat menggunakan smartphone sebagai sarana dan prasarana dalam melakukan
kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 08:27 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:27 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1394 |