Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 TEMPUNAK

ALDI, WAHYUDI (2023) PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 TEMPUNAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (485kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (350kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Macromedia Flash berbasis Contextual Teaching and Learning bermuatan karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang mencapai kriteria valid, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dengan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluating. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 1 Tempunak sebanyak 20 siswa dan 3 orang ahi media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan soal posttest. Hasil penelitian validasi media pembelajaran macromedia flash yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 88,33% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 81% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat baik. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 88,50% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan,
dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest siswa dengan jumlah siswa 10 orang dengan persentase 88% dan nilai rata-rata siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipersentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sehingga diperoleh nilai sebesar 88 dengan berpatokan pada nilai KKM sekolah yaitu 70, maka rata�rata hasil tes siswa memiliki kriteria tuntas dan tergolong sangat efektif.

Kata kunci: Macromedia Flash, Contextual Teaching And Learning, bermuatan karakter, kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:27
Last Modified: 31 Jan 2023 08:27
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item
View Item