Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER TEST BERBASIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS UNTUK MENGETAHUI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA

SITI, SALAMAH (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER TEST BERBASIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS UNTUK MENGETAHUI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (8kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (265kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (341kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (370kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (8kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen three tier test berbasis kemampuan representasi matematis untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengacu pada model menurut Thiagajaran yang dimodifikasi menjadi 3 langkah yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, angket dan lembar soal tes. Lembar validasi digunakan untuk melihat kevalidan instrumen three tier test berbasis kemampuan representasi matematis, angket digunakan untuk melihat kepraktisan instrumen three tier test berbasis kemampuan representasi matematis, dan lembar soal tes
digunakan untuk mengetahui miskonsepsi siswa. Berdasarkan pengerjan instrumen instrumen three tier test berbasis kemampuan representasi matematis siswa mengalami miskonsepsi sebesar 19,33 %, miskonsepsi (false positive) sebesar 17,33 %, miskonsepsi (false negative) sebesar 10 %. Tingkat kevalidan berdasarkan validasi ketiga validator terhadap instrumen three tier test berbasis kemampuan representasi matematis dapat dinyatakan valid dengan rata-rata persentase indeks 87,77% dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan dengan rata-rata persentase dari respon guru dan respon siswa sebesar 90,75% dengan kriteria sangat praktis.

Kata Kunci: Instrumen Three Tier Test, Kemampuan Representasi Matematis, Miskonsepsi, Statistika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:45
Last Modified: 24 Jan 2023 08:45
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item
View Item