NURHALIZA, NURHALIZA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUTANSI KEUANGAN LEMBAGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOPERASI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (150kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (182kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (337kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (320kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (453kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (80kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akutansi Keuangan Lembaga Sekolah Menengah Kejuruan Koperasi Pontianak”, masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akutansi Keuangan Lembaga Sekolah Menengah Kejuruan Koperasi Pontianak? Dengan sub masalah 1. Bagaimanakah Perencanaan model pembelajaran paikem gembrot siswa kelas X akutansi keuangan Lembaga sekolah menengah kejuruan koperasi Pontianak? 2.
Bagaimanakah penerapan model pembelajaran paikem gembrot untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan kelas X akutansi keuangan Lembaga sekolah menengah kejuruan koperasi Pontianak? 3. bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkan model pembelajaran paikem gembrot pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan kelas X akutansi keuanga Lembaga sekolah menengah kejuruan koperasi Pontianak? Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi secara objektif tentang penerapan model pembelajaran paikem gembrot untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akutansi keuangan Lembaga sekolah menengah kejuruan koperasi Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian tindakan kelas dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kolaboratif. Tempat penelitian yaitu di Sekolah SMK Koperasi Pontianak.subjek dalam penelitian ini yaitu 21 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tindakan yaitu penerapan model pembelajara paikem gembrot dan variabel hasil yaitu aspek kognitif siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan, sedangkan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL SMK Koperasi Pontianak sebanyak 20 siswa dan 1 orang guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi langsung, Teknik pengukuran, dan Teknik documenter.
Kesimpulan secara umum; Penerapan Model Pembelajaran Paikem
Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akutansi Keuangan Lembaga Koperasi Pontianak. 1)perencanaan model pembelajaran paikem gembrot secara umu dikategorikan “ Sangat Baik” .2) Hasil Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan pada siswa kelas X Akutansi Keuangan Lembaga Sekolah Menengah Kejuruan Koperasi Pontianak telah terbukti mengalami peningkatan, Hasil Tes Siklus I menunjukan rata-rata sebesar 65,68 dan pada siklus II diperoleh
nilai rata-rata sebesar 83,85.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 06:02 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 06:02 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1310 |