YOLA, SRI ADRIANI (2022) HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn TAHUN AJARAN 2019-2020 IKIP PGRI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (217kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (420kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (458kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (442kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB)
Abstract
masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak, 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran daring di perlaksanaan pembelajaran daring di prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak ?, 2) Bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak?, 3) Apakah terdapat hubungan antara pelaksanaan
pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak?
Sejalan dengan masalah umum diatas, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan kejelasan yang objektif mengenai Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Adapun manfaat teoritis yaitu:
Secara teoristis, penelitian ini akan menguji ada tidaknya hubungan pelaksanaan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa selama pembelajaraan jarak jauh dilaksanakan. Manfaat praktis yaitu : a) Menambah wawasan dan juga pengetahuan tentang belajar mengajar dalam jaringan (daring) dan juga hubungannya dengan motivasi belajar perserta didik. b) Diberikan kepada dosen dalam upaya meningkatkan motivasi belajar perserta didik melalui belajar
mengajar dalam jaringan (daring). c) Memberikan informasi tentang program Studi PPKn IKIP PGRI Pontianak sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dalam hal memberikan motivasi perserta didik terkait belajar mengajar dalam jaringan (daring) .d) Menjadi sumbangsih bagi para orang tua untuk turut serta membangun motivasi belajar perserta didik melalui belajar mengajar dalam jaringan (daring). Dalam ruang lingkup penelitian ini terdapat dua variabel penelitian yaitu variabel bebas: Pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) di program studi PPKn IKIP PGRI Pontianak, dengan indikator: a) Kadar interanksi antara mahasiswa dan dosen. b) Pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja (Time and place flexibility). c) Menjangkau perserta didik (mahasiswa) dalam cangkupan yang luas ((potential to reach a global audience). d) Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).
Variabel terikat: Motivasi belajar mahasiswa, dengan indikator: a) keinginan berhasil. b) penghargaan dalam pembelajaran. c) aktivitas minat belajar. d) ketekunan dalam belajar.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah : a) Hipotesis Nol (H0) tidak terdapat hubungan pelaksanaan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak, b) Hipotesis Alternatif (Ha) terdapat hubungan
pelaksanaan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan bentuk penelitian studi hubungan (interrelationship
studies). Penelitian ini menggunakan dan alat pengumpulan data yaitu teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpulan data berupa angket yang ditunjukan kepada mahasiswa semester 2, 4, 6, jumblah populasinya yaitu 125
mahasiswa. Dari pengujian analisis data di gunakan dua rumus, yaitu rumus persentase (x%) untuk menjawab sub masalah pertama dan kedua, dan rumus kolerasi product moment (rxy) untuk menjawab sub masalah ketiga. Dari hasil penelitian dan pengolahan data dilakukan dapatlah kesimpulan bahwa, Hubungan pelaksanaan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak sudah berjalan dengan baik. Hasil ini di tunjukan oleh hasil
pengolahan data yang menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dikategorikan baik, kemudian motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak dikategorikan baik. Dan terdapat hubungan yang rendah antara
pelaksanaan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 05:41 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 05:41 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1302 |