MARISA, TISA (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP BINA UTAMA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (99kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (282kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (291kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
dengan melibatkan siswa kelas VIII SMP Bina Utama. Data jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika diperoleh melalui tes penyelesaian masalah berbentuk soal
cerita matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dalam penelitian ini melakukan kesalahan sistematis, kesalahan acak, dan kesalahan kecerobohan.
Berdasarkan hasil tes pada kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika, dan jenis-jenis kesalahan yaitu kesalahan sistematis sebesar 30%, kesalahan acak sebesar 10%, dan kesalahan kecerobohan sebesar 20%. Beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam
menyelesaikan soal cerita matematika adalah siswa tidak mengetahui rumus yang akan digunakan, kurangnya waktu dalam mengerjakan semua soal tes, dan siswa menganggap bahwa soal cerita merupakan soal yang sulit untuk diselesaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 08:34 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 08:34 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1281 |