FITRI, INDAH LESTARI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS STRATEGI HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI BILANGAN DI KELAS VII SMP BINA UTAMA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (85kB)
BAB 1 FITRI.pdf - Published Version
Download (376kB)
BAB II FITRI.pdf - Published Version
Download (385kB)
BAB III FITRI.pdf - Published Version
Download (284kB)
BAB IV FITRI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (546kB)
BAB V FITRI.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA FITRI.pdf - Published Version
Download (91kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa prezi berbasis startegi heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bilangan dikelas VII SMP Bina Utama Pontianak yang mencapai kriteria valid, kepraktisan, dan keefektifan terhadap pengembangan prezi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan model rancangan 4-D oleh Thiagarajan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebaran (disseminate). Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop saja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Bina Utama Pontianak sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi prezi berbasis strategi heuristik termasuk dalam kriteria sangat valid dengan rata-rata presentase sebesar 86,66%. Tingkat kepraktisan terhadap prezi berbasis strategi heuristik memiliki kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 85,04 % tingkat keefektifan terhadap prezi berbasis startegi heuristik tergolong kriteria sangat efektif dengan rata-rata persentase sebesar 86,36%. Dengan demikian disimpulkan prezi berbasis strategi heuristik yang dikembangkan dapat digunakan dengan sangat baik karena memenuhi kriteria kevalidan yang sangat valid, kepraktisan yang sangat praktis, dan keefektifan yang efektif.
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Prezi, Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 09:06 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 09:06 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1274 |