Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS STRATEGI HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI BILANGAN DI KELAS VII SMP BINA UTAMA PONTIANAK

FITRI, INDAH LESTARI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS STRATEGI HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI BILANGAN DI KELAS VII SMP BINA UTAMA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB 1 FITRI.pdf] Text
BAB 1 FITRI.pdf - Published Version

Download (376kB)
[thumbnail of BAB II FITRI.pdf] Text
BAB II FITRI.pdf - Published Version

Download (385kB)
[thumbnail of BAB III FITRI.pdf] Text
BAB III FITRI.pdf - Published Version

Download (284kB)
[thumbnail of BAB IV FITRI.pdf] Text
BAB IV FITRI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[thumbnail of BAB V FITRI.pdf] Text
BAB V FITRI.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA FITRI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA FITRI.pdf - Published Version

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa prezi berbasis startegi heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bilangan dikelas VII SMP Bina Utama Pontianak yang mencapai kriteria valid, kepraktisan, dan keefektifan terhadap pengembangan prezi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan model rancangan 4-D oleh Thiagarajan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebaran (disseminate). Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop saja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Bina Utama Pontianak sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi prezi berbasis strategi heuristik termasuk dalam kriteria sangat valid dengan rata-rata presentase sebesar 86,66%. Tingkat kepraktisan terhadap prezi berbasis strategi heuristik memiliki kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 85,04 % tingkat keefektifan terhadap prezi berbasis startegi heuristik tergolong kriteria sangat efektif dengan rata-rata persentase sebesar 86,36%. Dengan demikian disimpulkan prezi berbasis strategi heuristik yang dikembangkan dapat digunakan dengan sangat baik karena memenuhi kriteria kevalidan yang sangat valid, kepraktisan yang sangat praktis, dan keefektifan yang efektif.

Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Prezi, Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 21 Sep 2022 09:06
Last Modified: 21 Sep 2022 09:06
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item
View Item