C, Sri Hartaty S and Saiful, Bahri and Emi, Tipuk Lestari and Sandie, Sandie and Dewi, Risalah (2022) Internalisasi Nilai-Nilai dalam Sistem Beuma Masyarakat Desa Nanga Mahap dalam Pembelajaran IPS Berbasis Etnopedagogi. JURNALBASICEDU, 6 (3). pp. 5397-5407. ISSN 2580-1147
2979-12383-1-PB.pdf - Published Version
Download (341kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisa Internalisasi Nilai-Nilai Dalam Sistem Beuma Masyarakat Di Desa Nanga
Mahap Dalam Pembelajaran IPS Berbasis Etnopedagogi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
studi kasus. Data dikumpulkan dengan observasi langsung, komunikasi langsung, dan dokumentasi. Analisis yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Penelitian ini berusaha memahami bagaimana
internalisasi nilai-nilai sistem beuma masyarakat di desa Nanga Mahap dalam pembelajaran IPS berbasis etnopedagogi
dalam kearifan lokal. Dalam kehidupan masyarakat desa Nanga Mahap ini tradisi turun temurun kearifan lokalnya yang
perlu di jaga untuk diwariskan kepada generasi penerus yaitu kearifan lokal Beuma atau berladang. Menanam padi
dengan sistem pertanian Beuma merupakan cara yang masih di anut oleh sebagian besar masyarakat di Nanga Mahap ini.
Masyarakat di Nanga Mahap ini dalam menjalani rutinitas kehidupannya tidak terlepas dari praktek religius tradisonal
yang di wariskan oleh para leluhurnya. Dalam pembelajaran IPS melalui Penerapan nilai-nilai kearifan lokal merupakan
suatu upaya untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekita. pentingnya nilai-nilai adat dan
tradisi yang berlaku untuk lingkungan sekitar. Nilai-nilai budaya bisa di jadikan sumber pembelajaran IPS untuk generasi selanjutnya.
Kata Kunci: Entopedagogi, Pembelajaran IPS , Beuma, Kearifan Lokal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Artikel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 07:55 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 07:55 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1242 |