Search for collections on digilib

KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Yenni, Rizal and Modestus, Deovany and Ayu, Siti Andini (2022) KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 9 (1). pp. 46-57. ISSN 2407-5299

[thumbnail of 3699-10703-1-PB.pdf] Text
3699-10703-1-PB.pdf - Published Version

Download (508kB)

Abstract

Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan salah satunya untuk mengetahui kepercayaan diri pada diri siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri yang dimodifikasi dari konsep Lauster. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Analisis Kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Deskriptif Kuantitatif dengan melibatkan responden sebanyak 138 yang terdiri dari 2 sekolah dengan karakteristik sekolah yang terdaftar pada
program sekolah penggerak di kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, adapun sekolah penggerak yang dilibatkan pada penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Fityan dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kuala Mandor B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa secara umum berada pada katagori “percaya diri”, kedua sekolah menunjukkan hasil penelitian yang berbeda, untuk SMPTI AL-Fityan berada pada kategori “percaya diri”, sedangkan SMPN I Kuala Mandor B hanya berada pada katagori “cukup percaya diri”.

Kata Kunci: profil pelajar Pancasila, kepercayaan diri

Item Type: Article
Subjects: Jurnal
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:48
Last Modified: 01 Sep 2022 06:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item
View Item