Yenni, Rizal and Modestus, Deovany and Ayu, Siti Andini (2022) KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 9 (1). pp. 46-57. ISSN 2407-5299
3699-10703-1-PB.pdf - Published Version
Download (508kB)
Abstract
Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan salah satunya untuk mengetahui kepercayaan diri pada diri siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri yang dimodifikasi dari konsep Lauster. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Analisis Kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Deskriptif Kuantitatif dengan melibatkan responden sebanyak 138 yang terdiri dari 2 sekolah dengan karakteristik sekolah yang terdaftar pada
program sekolah penggerak di kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, adapun sekolah penggerak yang dilibatkan pada penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Fityan dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kuala Mandor B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa secara umum berada pada katagori “percaya diri”, kedua sekolah menunjukkan hasil penelitian yang berbeda, untuk SMPTI AL-Fityan berada pada kategori “percaya diri”, sedangkan SMPN I Kuala Mandor B hanya berada pada katagori “cukup percaya diri”.
Kata Kunci: profil pelajar Pancasila, kepercayaan diri
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Jurnal |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 05:48 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 06:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1222 |