Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL MAP EDUCATION BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP

HERIKA, HERIKA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL MAP EDUCATION BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (602kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (355kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media virtual map education berbasis model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) sebagai media pembelajaran matematika pada materi baris dan deret kelas XI di SMA Negeri 3 Sungai Kakap yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Sungai Kakap sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal pre-test posttest. Hasil penelitian yang pertama adalah validasi media virtual map education yaitu dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 91,00% dengan kriteria sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 97,43% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari hasil uji statistik
inferensial menggunakan nilai pre-test dan posttest siswa dengan hasil uji t yaitu signifikan. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, sehingga media virtual map education dikategorikan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media virtual map education berbasis model pembelajaran Realistic Mathematics
Education (RME) pada materi baris dan deret kelas XI di SMA Negeri 3 Sungai Kakap tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: Virtual Map Education, Realistic Mathematics Education (RME)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:13
Last Modified: 01 Sep 2022 05:13
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item
View Item